Selasa, 19 Maret 2013

Aku Titipkan Muhammadiyah Ini Kepadamu



" Menurut penyelidikanku, sesungguhnya keadaan umat Islam sebagaian besar telah jauh meninggalkan pelajaran agama Islam. Adapun yang menyebabkan kemunduran umat Islam itu karena menderita berbagai penyakit. Semisal tubuh manusia, telinganya dan lain-lain, anggota badan yang penting-penting. Bahkan tiada hanya anggota yang lahir saja, tetapi akhlak jiwanya pun sudah merosot, sehingga sudah tidak mempunyai keberanian sebagai sifat harimau, malahan banyak telah berbalik perasaan dan semangat kambing. Sebab itulah aku perlu memperbanyak amalan dan tetap berjuang bersama-sama dengan anak-anakku sekalian guna menegakkan kembali semua urusan yang kini sudah lama bengkok "

"Aku mengakui bahwa menegakkan kembali macam-macam urusan yang terlanjur bengkok memang sukar dan berat, tetapi kalau kita rajin-rajin bekerja dengan penuh kemauan dan kesadaran, maka Allah akan memberi jalan dan pertolongan kepada kita, Insya Allah"

"Aku sudah tua berumur lanjut, kekuatanku telah terbatas, namun aku memaksa wajib turut beramal, bekerja dan berjuang untuk menjunjung tinggi perintah-perintah Tuhan. Aku yakin dengan seyakin-yakinnya, bahwa memperbaiki penyelewengan itu, adalah menjadi kewajiban setiap manusia, terutama umat Islam"

"salah satu di antara usaha yang saya lakukan dewasa ini ialah mendirikan persyarikatan yang kuberi nama " "Muhammadiyah". Dengan ini maka aku penuh berharap kepada seluruh umat, yang berjiwa Islam, akan tetap cinta kepada junjungan kita Nabi Muhammad, dengan mengamalkan tuntunan dan perintah-perintah-Nya."

"Mengingat badanku, kiranya aku telah dekat waktunya akan meninggalkan anak-anakku semua. Sedang aku adalah seorang yang tidak berharta benda yang akan kutinggalkan padamu. Aku hanya punya persyarikatan Muhammadiyah, yang kuwariskan kepadamu sekalian."

"Aku titipkan Muhammadiyah ini kepadamu, dengan penuh harapan agar Muhammadiyah dapat dipelihara dan dijaga dengan sesungguhnya. Karena dipelihara dan dijaga hendaklah dapat hidup abadi hidup Muhammadiyah kita. Memelihara dan menjaga Muhammadiyah bukan pekerjaan yang mudah, maka aku akan tetapo berdoa setiap masa dan ketika dihadapkan Ilahi Rabbi. Demikian pula mohon berkat restu doa limpahan rahmat karunia Allah, agar Muhammadiyah tetap maju, berbuah dan memberi manfaat bagi seluruh manusia sepanjang masa, dari zaman ke zaman. Dan aku berdoa agar kamu sekalian yang mewarsi, menjaga dan memajukan Muhammaidyah. Semoga Allah Swt. mengaruniai taufik dan hidayah-Nya dalam mengamalkan dan memperjuangkan agama Islam yang sempurna. Dengan usaha ini, semoga berbagai macam penyakit yang dapat menyebabkan kemunduran umat Islam, dan yang ada di tubuh masyarakat kita dapat berangsur sehat. Selain daripada itu, aku ingin berpesan pula, hendaklah kamu bekerja dengan bersungguh-sungguh, bijaksana, tetap berhati-hati dan waspada dalam menggerakkan Muhammadiyah dan mengerahkan tenaga umat. Hal ini jangan kau kira urusan kecil, tapi Muhammadiyah adalah urusan yang besar. Inilah pesanku, siapa saja yang mengindahkan pesanku, tanda mereka tetap mencintai aku dan Muhammadiyah."

"Adapun untuk menjaga keselamatan Muhammadiyah, maka perlulah kita berusaha dan menjalankan serta mengikuti garis-garis citaku pada dewasa ini, ialah :
1. Hendaklah kamu jangan sekali-sekali menduakan pandangan Muhammadiyah dengan perkumpulan lain.
2. Jangan sentimen, jangan sakit hati kalau menerima celaan dan kritikan.
3. Jangan sombong, jangan berbesar hati kalau menerima pujian.
4. Jangan JUBRIYA (Ujub, Kikir, Riya).
5. Dengan ikhlas murni hatinya, kalau sedang berkorban harta benda, pikiran dan tenaga.
6. Harus bersungguh-sungguh hati dan tegak pendirianmu."

"Dengan enam syarat itu, apabila kamu amalkan dengan sungguhg-sungguh, insya Allah, pasti Tuhan memberi ijabah, terkabullah apa yang menjadi usaha-usaha kita semuanya."

(sumber : K.H. Ahmad Dahlan Amal dan Perjuangannya - Junus Salam)

0 comments :

Posting Komentar

Silahkan Comment